Lombok and Bali (part 1)

Pulau lombok merupakan salah satu pulau dari gugusan kepulauan di nusa tenggara.. Pulau yg memiliki kota mataram sebagai ibukota nya juga terkenal akan sebutan pulau seribu masjid.

And here its my story :

April 12th, 2013
“Attention for all passenger, Lion air passenger with flight number JT 1862 destination Surabaya to Praya Lombok, please immediatly go to airplane through gate number 2” bunyi pengeras suara di bandara international Juanda itu membuat sekitar 30an beranjak dari kursinya menuju ke pesawat.

Pesawat wings air yang berisikan 30an org ini pun berangkat meninggalkan surabaya jam 07:10 am.. Dengan menghabiskan waktu 45 mnit, akhirnya tibalah saya untuk pertama kalinya di bandara international lombok (BIL).. Rencananya saya akan bertemu dengan beberapa kawan yg kebetulan udah janjian untuk mengeksplore lombok di sini. namun berhubung mereka dari jakarta dan datangnya agak siang, akhirnya dengan bermodalkan jurus nanya dan Rp.25000, berangkatlah saya dengan menggunakan bus damri dengan tujuan Pantai Senggigi..
Sampai di senggigi, saya langsung menuju hotel ellen yg juga sebagai meeting point.. setelah nanya harga dll, akhirnya saya putuskan untuk mencari penginapan lain.. sambil mengisi perut dan bertanya-tanya ke ibu di warung makan itu, akhirnya di rekomendasikanlah ama beliau penginapan sonya guest house, check in and take a rest..
Setelah beberapa jam istirahat, tiba2 ada pesan masuk yg menyadarkanku “ilham, ini wita..bla..bla..”. setelah perbincangan yg lama akhirnya kita pun ketemuan di pantai Senggigi yg berjarak sekitar 10an menit.
Wita beserta ke tiga temannya (retna, wendhy, and yunus) berangkat dari bali dan nyebrang ke lombok melalui pelabuhan lembar.. setelah sekian menit berkenalan, ngobrol, dll, akhirnya kita ber 5 kembali ke hotel ellen (meeting point) untuk bertemu dgn kawan lainnya.. singkat kata singkat cerita, berkumpullah kami 13 org di hotel ellen.. mereka ber 11 check-in d sana dan 1 pulang ke mataram.. karena malam telah tiba, akhirnya kami pun nyari makan dan mengunjungi art market yang letaknya dekat dengan tempat saya menginap. Belanja sejenak di art market, makan bersama sambil mengenal satu sama lain.. Saya Rizal (dari pojok kanan) kemudian dilanjutkan oleh wendhy, ilham (me), reandra, ratih, retna, wita, yanstri, sartika, rohman, yunus, dan felix. Setelah itu, akhirnya kita pun pulang ke hotel masing-masing..

April 13th, 2013
Dikarenakan begitu excited nya, alhasil jam 04:00 am mata udah terbuka lebar.. Sambil menunggu jam 07:30 (waktu yg ditentukan u/ ngumpul) browsing tentang lombok pun dimulai,, mulai dari sejarah hingga wisatanya.. Jam 7:00 teng, mesen sarapan dulu ke mba punya penginapan dan habis makan, berangkat seorang diri ke hotel ellen (meeting point).. sesuai rencana yg telah ditentukan, hari ini kita berwisata ke gili trawangan dan gili meno.. melalui tour guide yg telah di gaji untuk membimbing kami ber 12 (yg ke mataram gak balik lagi), berangkatlah kami dengan menggunakan kapal nelayan dari pantai senggigi.. Mari berlayar kapten..!!!

Destination pertama is Gili Trawangan.. Setelah hampir  45an min perjalanan, akhirnya tibalah kami di pulau nan yg penuh dengan tourist mancanegara. Tanpa banyak kata yg terucap, satu persatu kami yang udah dilengkapi dengan peralatan snorkling turun ke laut untuk menikmati keindahan bawah laut pulau tersebut.. 15an min berlalu, akhirnya satu per satu pelancong ini mulai menyerah dan menuju ke daratan.. di daratan pulau ini banyak sekali penginapan, tempat makan, tempat penyewaan alat snorkling or diving dan juga berbagai macam souvenir.. Setelah cukup untuk berkeliling (jalan kaki dan ada yg naek sepeda), akhirnya rombongan pendekar ini pun kmbali ke kapal dan berangkat menuju ke Gili Meno.. Perbedaan antara G.Trawangan dan G.Meno terlihat dari keramaiannya.. Untuk para pencinta party kimpul d G.Trawangan, dan yang lagi menikmati kesendirian silahken ke G.Meno…

Begitu pun dengan pemandangan bawah lautnya, G.Meno lebih unggul di bandingkan G.Trawangan.. Istirahat, makan, minum, take a picture, bla…bla..bla.. Sore hari mulai menjemput dan awan mulai menggelap, kami pun memutuskan u/ kembali ke senggigi..
Sampai di senggigi, masing-masing kembali ke penginapan, bersih-bersih badan dan mata pun terpejam dikarenakan letih..
Perut yang belum terisi memaksa saya untuk bangun dari tidur dan cari makanan.. Jam menunjukkan 23:00 PM dan ternyata sepanjang jalan raya senggigi pun sepi berbeda pada pagi dan siang harinya.. Beruntungnya masih ada penjual makan yang masih buka meskipun hanya beratapkan tenda.. Untuk makanan di senggigi ini terbilang lumayan, baik dari rasanya maupun harganya, apalagi yang di cafe-cafe nya mahal amat… Penasaran dengan kesepian yang terjadi di senggigi, setelah makan saya berkunjung dulu ke salah satu pub yang berada di sana, free of charge.. Sambil menikmati alunan musik yang agak nge beat + cold beer, yah not bad lah u/ menikmati malam ini.. haha..
02:40 am membuat saya sadar harus pulang dan kembali ke penginapan untuk istirahat..

April 14th, 2013
Bosan bermain di lautan, para pendekar ini kembali berkumpul dan merencanakan untuk ke pegunungan.. Yah, kaki gunung Rinjani adalah tujuan kami.. dengan menggunakan 2 mobil APV yg telah di booking seharian, kami pun berangkat menuju. Dalam perjalanan ke kaki gunung rinjani, kami menyempatlan diri untuk singgah ke permukiman rumah adat suku sasak yang berada d segara.. kemudian perjalanan pun dilanjutkan ke gunung yg memiliki ketinggian 3,726 m dan merupakan salah satu dari gunung yang masih aktif di indonesia.. Destinasi yang kita tuju adalah Waterfall of Sendang Gila and Tiu Kelep..
Dengan di pandu seorang anak rimba yang mengaku sudah ratusan kali turun naik gunung ini, alhasil kami pun sampai ke Waterfall yang kami tuju.. Adapun trekking yg kami lalui untuk ke Waterfall ini terbilang menantang.. melalui jalanan sepetak yang agak licin, arus deras sungai beserta bebatuan yang licin, dan juga ratusan anak tangga membuat saya dan teman yang lainnya menikmati perjalanan ini…

Setelah selesai bermain-main dikaki gunung rinjani, kami pun melanjutkan perjalanan ke Pusuk Park, dimana kami dapat melihat monyet disepanjang jalan yang berusaha mencari perhatian agar diberikan makan oleh orang yg melintas… malam pun tiba dan akhirnya kita menuju ke mataram untuk membeli beberapa merchendise yang bisa dibawa pulang sebelum akhirnya kembali ke penginapan..

Continue to Bali..

Here we are :

From left to right..
up : retna (tangerang), wendhy (bandung),yunus (bandung),reandra (jakarta),ratih (jakarta),wita (lampung), yanstri (bandung),me (jakarta)
down : felix (singapore), rohman (jakarta), rizal (jakarta)